Ingin Wisata Alam? Pilih Pantai atau Gunung?


pantai karang jahe


Wisata alam selalu menarik. Karena alam menyuguhkan keindahannya secara natural. Alam memberikan suasana yang berbeda. Meski sama-sama pantai, tetap saja ada yang unik. Ada yang membuat kangen.


Ada banyak hal yang bisa dieksplore ketika menjejakkan kaki di pantai atau gunung. Kita bisa mulai dengan rute perjalanan, lokasi, suasana, kuliner hingga budaya. Indonesia itu unik. Satu tempat dengan tempat lainnya bisa memiliki banyak perbedaan kuliner, adat dan budaya.

Seperti ketika saya berkunjung ke Pantai Karang Jahe dan Pantai kartini di Rembang. Mungkin orang-orang akan mengatakan bahwa semua itu sama-sama pantai. Apalagi saya orang pesisir. Tidak jauh berbeda dengan daerah saya di Tuban. Air pantai berwarna kecoklatan. Memang seperti itu meski bersih. Berbeda dengan pantai-pantai yang memiliki warna jernih dan kehijauan. Rasanya lebih adem memandang pantai seperti ini.

Tapi jangan heran kalau Pantai Karang Jahe ini ramai pengunjung. Di musim liburan akhir tahun kemarin, sepertinya puncak keramaian semua tempat wisata. Mulai dari bayi hingga orang tua senang pelesir.

Nah, kalau tadi saya cerita tentang pantai, bagaimana kalau travelingnya ke gunung?

kawah ijen


Trekking ke gunung itu butuh perjuangan banget. Saya memang suka melihat alam. Tapi kalau naik-naik ke puncak gunung dengan kadar kesulitan rendah saja saya mesti latihan dulu. Maklum saya orangnya malas olah raga. Sebentar trekking sudah payah.

Perjuangan tidak mengkhianati hasil kok. Iya, perjuangan untuk mendaki dan mendapatkan sunrise memang mengalahkan rasa lelah. Rasanya terbayar sudah semua penderitaan. Ya, penderitaannya cuma sebentar kok. Setelah itu tepar di kasur.

Sama seperti pantai, wisata gunung menawarkan keindahan yang hakiki. Aroma alam, lebatnya pepohonan hutan, suara hewan hutan dan udara yang sejuk adalah perpaduan khas daerah pegunungan. Kadang saya merasa beruntung ketika menangkap suara hewan-hewan hutan entah apa namanya, seolah sedang menjaga daerah itu. Juga buah-buahan hutan yang tak pernah saya temukan sebelumnya. Tak bisa dipungkiri, suasana gunung bisa menentramkan hati, loh.

Jadi, teman-teman termasuk tima mana, pantai atau gunung? Share di kolom komen ya.

Happy traveling!

^_^

2 komentar:

  1. Waktu masih di manado bisa dapat dua2nya mba. Deket pula.

    Ke pantai untuk berenang, ke gunung untuk menikmati udara segar

    BalasHapus
  2. Yang manapun saya suka... selama jauh dari bangunan gedung yang kaku dan membosankan.

    Keduanya memang memberikan nuansa yang berbeda, tetapi tetap sama, kesegaran dan keindahan alam.

    BalasHapus